Lompat ke isi utama

Berita

Bawaslu Kabupaten Kulon Progo Bekali Panwaslu Kecamatan Pelatihan Jurnalistik

Bawaslu Kabupaten Kulon Progo Bekali Panwaslu Kecamatan Pelatihan Jurnalistik

Kulon Progo – Kegiatan pengawasan pemilu yang dilakukan oleh jajaran Panwaslu baik di tingkat Kecamatan maupun tingkat desa akan menjadi hal yang menarik jika dituliskan dalam bentuk berita. Banyak peristiwa yang layak diberitakan sehingga masyarakat lebih mengenal peran dan tugas pengawas pemilu.Hal tersebut selaras dengan yang disampaikan oleh Ketua Bawaslu Kabupaten Kulon Progo, Marwanto, dalam kegiatan Pelatihan Jurnalistik Kepemiluan bagi Pengawas Pemilu, Jumat (15/9/2023) di Hotel Grand Dafam Signature Kulon Progo.

Adanya pelatihan penulisan jurnalistik kepemiluan, dapat menjadi bekal meningkatkan kemampuan menulis berita Panwaslu Kecamatan se-Kabupaten Kulon Progo. Hal tersebut dirasa penting sehingga informasi yang merupakan hak publik dapat diakses oleh masyarakat. Tak hanya itu, masyarakat pun mengetahui kerja-kerja Bawaslu terutama yang dilakukan oleh Panwaslu Kecamatan dan Panwaslu Kelurahan/Desa yang bersentuhan langsung dengan masyarakat.

Selama ini Panwaslu Kecamatan maupun Panwaslu Kelurahan/Desa menuliskan hasil pengawasan melalui form-A.  Form-A ini wajib dilakukan oleh pengawas pemilu sebagai laporan kontrol hasil pengawasan yang mengindikasi ada atau tidaknya dugaan pelanggaran. Akan tetapi, jika tidak ada dugaan pelanggaran, laporan tersebut hanya akan menjadi arsip semata. Berbeda halnya jika dari hasil pengawasan tersebut dapat dituliskan menjadi sebuah berita, sehingga ada informasi yang dapat menjadi konsumsi masyarakat.

“Kita sudah terbiasa menulis formulir hasil pengawasan atau Form A yang didalamnya memuat 5W+1H, sehingga seharusnya tidak ada kesulitan ketika menulis berita,” ujar Marwanto pada saat membuka acara. “Namun tentu saja ada rambu-rambu yang harus diketahui karena tidak semua hasil pengawasan boleh dipublikasikan,” lanjutnya.

Berbagai kegiatan yang dilakukan oleh Panwaslu Kecamatan maupun Panwaslu Kelurahan/Desa diharapkan dapat ditulis sehingga bentuk berita yang dihasilkan beragam.  Produk berita dari Panwaslu Kecamatan dan Panwaslu Kelurahan/Desa nantinya akan di unggah pada website Bawaslu Kabupaten Kulon Progo sebagai bahan informasi kegiatan.