Lompat ke isi utama

Berita

Lewat Flashmob dan Maskot, Bawaslu Kulon Progo Sosialisasikan Regulasi Pemilu

Lewat Flashmob dan Maskot, Bawaslu Kulon Progo Sosialisasikan Regulasi Pemilu

Bawaslu Kulon Progo melakukan giat sosialisasi dengan flashmob di acara Millenial Road Safety oleh Polres Kulon Progo yang diselenggarakan di Alun-alun Wates pada Minggu (03/03/2019). Sosialisasi tersebut dilaksanakan mulai pukul 06.00 hingga 08.00 WIB. Untuk menarik perhatian para peserta acara yang berjumlah ribuan orang tersebut, Bawaslu Kulon Progo bersama Panwaslu Kecamatan serta Panwaslu Kelurahan/Desa melakukan flashmob dengan turut serta membawa berbagai properti bertuliskan pesan untuk tidak melakukan pelanggaran pemilu yang dikemas dalam kalimat yang mudah dicerna dan familiar di masyarakat, seperti Money Politics Gak Asik!, Pemilu Keren Tanpa Politik Uang dan Politisasi SARA, Pemuda Cerdas Anti Hoax, dan lainnya.

Selain itu, yang berbeda juga dari sosialisasi yang dilakukan Bawaslu Kulon Progo sebelumnya, sosialisasi kali ini turut serta mengajak Maskot Bawaslu yang bernama Bang Bawas. Kehadiran maskot Bang Bawas ini cukup menyedot perhatian masyarakat sehingga tak ayal para peserta acara Millenal Road Safety terlihat berkumpul ditempat Bawaslu Kulon Progo melakukan sosialisasi. Tidak hanya berhenti disitu, Bawaslu Kulon Progo beserta jajarannya kemudian membagikan stiker dan mensosialisasikan secara langsung tentang larangan-larangan dalam pemilu seperti politik uang, politisasi SARA, serta mensosialisasikan bagaimana cara masyarakat melaporkan kepada pengawas pemilu jika ada dugaan pelanggaran.

Bawaslu Kulon Progo sedari awal berkomitmen agar dalam Pemilu 2019 ini mengutamakan pencegahan daripada penindakan. Tak heran jika Bawaslu Kulon Progo cukup intens melakukan sosialisasi hingga ke seluruh elemen masyarakat dengan berbagai cara dan inovasi. Harapan dari Bawaslu Kulon Progo dengan optimalisasi pencegahan maka Pemilu 2019 ini bisa berjalan dengan bersih berintegritas dan minim pelanggaran.