Lompat ke isi utama

Berita

Setahun Jelang Pemungutan Suara, Bawaslu Kulon Progo Selenggarakan Siaga Pengawasan

Setahun Jelang Pemungutan Suara, Bawaslu Kulon Progo Selenggarakan Siaga Pengawasan

Kulon Progo - Selasa (14/02/2023), satu tahun menjelang hari pemungutan suara tanggal 14 Februari 2024, Bawaslu Kabupaten Kulon Progo melaksanakan Siaga Pengawasan dengan melaksanakan sosialisasi Pemilu Damai dan Berintegritas.

Sosialisasi ini dilaksanakan di 12 titik tempat-tempat keramaian yang dikunjungi oleh masyarakat, seperti tempat wisata, pasar, dan lainnya yang tersebar di seluruh kecamatan se-Kulon Progo.

Dalam sosialisasi ini, Bawaslu Kabupaten Kulon Progo bersama Panwaslu Kecamatan dan Panwaslu Kelurahan/Desa menyampaikan beberapa pesan salah satunya ajakan kepada masyarakat agar tidak melakukan pelanggaran Pemilu. Selain melalui lisan, pesan-pesan ini disampaikan juga melalui stiker.

Selain itu, dalam sosialisasi Siaga Pengawasan tersebut, Bawaslu Kulon Progo juga melakukan launching program Jarimu Awasi Pemilu yang merupakan komunitas digital pengawasan partisipatif dan mengajak langsung masyarakat untuk bergabung dalam komunitas digital ini. Bawaslu Kulon Progo bersama Panwaslu Kecamatan juga melakukan launching posko Kawal Hak Pilihmu di kantor Bawaslu Kulon Progo dan 12 kantor Panwaslu Kecamatan se-Kulon Progo.

Ketua Bawaslu Kabupaten Kulon Progo, Ria Harlinawati, S.I.P., M.A. mengatakan, di momen satu tahun menjelang hari pemungutan suara tanggal 14 Februari 2024, Bawaslu Kulon Progo semakin mematangkan langkah-langkah dalam mengoptimalkan pengawasan Pemilu dari berbagai aspek, baik pencegahan, pengawasan, maupun penindakan pelanggaran. “Salah satu yang ingin kami optimalkan di Bawaslu Kulon Progo adalah pengawasan partisipatif dengan mengajak serta masyarakat untuk mengawal Pemilu 2024, sehingga nantinya semakin banyak masyarakat yang sadar akan pentingnya ikut mengawal dan mengawasi jalannya Pemilu 2024,” pungkas Ria.