Lompat ke isi utama

Berita

Jelang Tahapan Pemilu, Panwaslu Kecamatan Ikuti Skrining Kesehatan Mental

Jelang Tahapan Pemilu, Panwaslu Kecamatan Ikuti Skrining Kesehatan Mental

Kulon Progo - Bawaslu Kabupaten Kulon Progo menjalin kerjasama dengan Kepolisian Daerah Daerah Istimewa Yogyakarta (Polda DIY) menyelenggarakan skrining kesehatan mental dengan sasaran seluruh Anggota Panwaslu Kecamatan di Kabupaten Kulon Progo. Kegiatan tersebut diselenggarakan di Kantor Bawaslu Kabupaten Kulon Progo, Rabu (25/10/2023).

Anggota Bawaslu Kabupaten Kulon Progo, Muh. Isnaini menyampaikan jika skrining tersebut bertujuan untuk menilai potensi dan kekurangan pada diri masing-masing sebagai bekal dalam melaksanakan tugas-tugas pengawasan. Secara umum tes tersebut akan memotret kecermatan, ketelitian, serta ketahanan diri seorang Panwaslu Kecamatan dalam kaitan pelaksanaan tugas-tugas pengawasan.

“Saya berharap rekan-rekan Panwaslu Kecamatan dapat memanfaatkan kegiatan ini dengan baik. Kunci dalam mengerjakan tesini adalah mengerjakan dengan pikiran tenang dan mengikuti instruksi dari petugas,” ujar Muh. Isnaini dalam pembukaan pelaksanaan skrining Kesehatan mental.

Kepala Bagian Psikologi Polda DIY, Kompol Ary Krisdiantoro menyatakan jika nantinyahasil dari skriningini murni berdasarkan ilmu psikologi. Saat ini Polda DIY sedang membuat standar kompetensi sebagai parameter pelaksanaan rekrutmen ke depan.  “Tes ini merupakan miniatur dari hal-hal yang mendukung tugas seorang pengawas, salah satunya adalah kesabaran. Pandai saja tidak cukup, dibutuhkan kesabaran untuk mendapatkan hasil yang optimal”,jelas Ary.

Skrining kesehatan mental yang dilaksanakan di Bawaslu Kabupaten Kulon Progo ini, merupakan salah satu dari rangkaian kegiatan serupa yang dilaksakan di Bawaslu Kabupaten/Kota se-DIY. Nantinya setelah skrining ini dilaksanakan akan ada hasil tes pelaksanaan skrining Kesehatan mental. Hasil tes ini secara personal akan diberikan kepada masing-masing Panwaslu Kecamatan, Bawaslu Kabupaten dan Bawaslu Provinsi.