Wujudkan Excellent Service, Bawaslu Kulon Progo Gelar Simulasi Pelayanan Informasi Publik
|
Kulon Progo - Pada Jumat (21/05/2021), Bawaslu Kulon Progo menggelar simulasi pelayanan informasi publik yang diikuti oleh Ketua, Anggota, dan seluruh jajajaran sekretariat Bawaslu Kulon Progo. Acara ini dilaksanakan dalam rangka meningkatkan standar pelayanan publik sekaligus sebagai upaya peningkatan transparansi informasi kepada publik.
Sebelum simulasi dimulai, Ria Harlinawati, Ketua sekaligus Koordinator Divisi Pengawasan, Humas, dan Hubungan Antar Lembaga yang membidangi urusan PPID memaparkan materi terkait Teknis Pelayanan Permohonan Informasi Publik. Dalam pemaparannya, Ria menjelaskan mengenai tugas-tugas Pembina PPID, Tim Perimbangan PPID, Atasan PPID, PPID, maupun petugas pelayanan informasi berdasarkan Peraturan Bawaslu Nomor 10 Tahun 2019, prosedur pelayanan informasi publik, serta alur pelayanan informasi.
Ria menuturkan bahwa predikat “Menuju Informatif” yang telah diraih oleh Bawaslu Kulon Progo dari Komisi Informasi Daerah (KID) DIY pada tahun 2020 lalu harus dijadikan motivasi agar kedepan PPID Bawaslu Kulon Progo dapat lebih baik lagi. “Predikat Menuju Informatif jangan kemudian membuat kita terlena, namun hal ini harus dijadikan motivasi agar di tahun-tahun selanjutnya kita dapat lebih baik lagi,” tegas Ria. “Salah satu upaya untuk meningkatkan kualitas layanan informasi publik adalah dengan meningkatkan kapasitas SDM terutama bagi petugas pelayanan informasi agar PPID Bawaslu Kulon Progo dapat memberikan excellent service,” imbuhnya
Simulasi dimulai dari kedatangan pemohon informasi di ruang satpam hingga pemohon informasi dilayani di ruang PPID Bawaslu Kulon Progo. Dalam simulasi tersebut, petugas pelayan informasi mencoba mengisikan form-form terkait permohonan informasi, baik formulir permohonan informasi, tanda bukti permohonan informasi, pemberitahuan tertulis, maupun buku register penerimaan informasi.
Sukirno selaku Koordinator Sekretariat sekaligus Atasan PPID Bawaslu Kulon Progo menyampaikan bahwa simulasi ini sekaligus menjadi evaluasi bagi PPID Bawaslu Kulon Progo untuk mengetahui apa saja kekurangan yang perlu dibenahi di PPID Bawaslu Kulon Progo. “Simulasi ini sekaligus menjadi evaluasi. Setelah ini kami akan melakukan pembenahan-pembenahan, baik terkait sarana dan prasarana maupun kapasitas SDM agar PPID Bawaslu Kulon Progo dapat memberikan pelayanan terbaik,” Pungkasnya. (Humas Bawaslu KP)